13/02/11

Taman Nasional Kepulauan Togean

Saya ingin menceritakan perjalanan dinasku ke kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean yang terletak di Kabupaten Tojo Una-Una Provinsi Sulawesi Tengah :D
Banyak orang bertanya-tanya kenapa sih Kementerian Kehutanan khususnya Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) mengelola wilayah laut? Insyaallah saya akan membahasnya nanti 

Sekedar menceritakan sedikit tentang perjalanan menuju Taman Nasional Kepualauan Togean ditempuh dengan menggunakan pesawat udara, darat dan laut (lengkap) dari Jakarta ditempuh dengan menggunakan pesawat udara dengan tarif bervariasi kurang dari 1 juta rupiah  lama perjalanan di Udara ditempuh dengan waktu 1 jam 45 menit.
Tiba di Bandara Mutiara Palu dilanjutkan dengan menyewa taksi bandara menuju agen travel "togean indah" tarif kurang lebih 50 ribu rupiah.
Biasanya Travel "togean indah" cuma mempunyai jadwal pemberangkatan 2 kali dalam sehari yaitu pagi hari jam 8 dan sore hari jam 15 sore dengan tarif sekali jalan sebesar 110 ribu rupiah. Dengan kondisi tersebut bayak wisatawan yang memilih jadwal keberangkatan pagi dari Bandara Soekarno Hatta sehingga tiba di Bandara Mutiara Palu siang hari dan dilanjutnkan memilih travel sore (kalo tidak seperti itu berarti harus menginap semalaman di Palu)
Perjalanan dari Palu menuju Ampana dapat ditempuh selama 9-12 jam dengan kondisi jalanan yang berkelok-kelok (apalagi ketika melewati gunung kebun kopi).
Tiba di Ampana kami memilih alternatif untuk menggunakan kapal fery penyebrangan KM Tuna Tomini dengan tujuan Ampana - Wakai - Gorontalo. Jarak tempuh Ampana - Wakai memakan waktu kurang lebih 5 jam dengan tarif 30.500 rupiah persekali perjalanan.



Belum sampai di Wakai, tim sudah disajikan panorama alam yang sungguh sangat luar biasa oleh keindahan lautnya yang dikelilingi oleh pulau-pulau kecil 


foto lain yang ditangkap dengan kamera inventaris negara


Foto ini diabadikan ketika tim memasuki pelabuhan fery Wakai






Tidak ada komentar: