..... MOHON MAAF kepada pengunjung, Page ini sedang dalam proses penataan ulang, Silahkan menikmati dan bila kurang berkenan harap maklum :D...

10 Mar 2011

Orang Bodoh Menggunakan GPSmap 76CSx


 Mengenal GPS 76CSx
Saya merasa tertantang untuk mencari sendiri gimana sih pemakaian GPS Garmin Seri 76CSx,dan maklum karena keterbatasan anggaran kantor (orang-orang tertentu saja yang terbatas, klo dengan lainnya semua bisa diatur) untuk mengikuti diklat memaksa saya untuk menggali semua potensi yang ada sesuai fasilitas pribadiku (laptop dan modem pribadi maksudnya) tentunya tak lepas dari peranan orng-orang spesial seperti Rina Martalena yang  sekarang lagi Diklat di Pusdiklat Bogor, sempat mengikuti Diklat GIS di BDK Pekanbaru dan Irvan Dali yang lagi diklat di BDK Makassar. Awalnya saya tertarik untuk mengetahui berapa sih besaran harga sebuah alat kecil yang aneh ini? cara bacanya saja harus terbalik, pegangannya pun dengan teknik tertentu (lebay). Waow.. bombastis ternyata harga alat kecil dan sederhana (sederhana krn awalnya saya belum mengetahui apa saja fasilitas dan kegunaannya) Harga untuk sebuah alat kecil yang canggih ini berkisar antara 5 sampai 7 juta rupiah perbuahnya .Setelah melakukan surfing di internet tentang cara penggunaannya ternyata semua berbahasa inggris GPS Garmin seri 76 CSx mempunyai spesifikasi antara lain lama akusisi data kurang lebih dari 1 detik, dalam posisi sudah menyala. Kalau dari posisi off 38 detik. Akurasi kompas kurang lebih 5°, akurasi GPS kurang dari 10 m untuk diferensial berakurasi antara 3 sampai 5 meter. Akurasi ketinggian 10 kaki atau setara dengan 3 meter hingga 5 meter. Akurasi ketinggian 10 kaki atau setara dengan 3 meter, dengan resolusi 1 kaki atau setara 30 cm. Interface alat mengacu pada standard NMEA yaitu NMEA 0183 versi 2.3 dan juga menggunakan RS-232 serta USB.

GPSMap 76CSx t cocok digunakan untuk Anda yang sering mengerjakan pengukuran di lapangan, seperti pengukuran lahan pertanian, pertanahan, pertambangan, dll.


Menghidupkan GPS 76CSx
Pada saat anda menekan tombol bergambar lampu warna merah, maka otomatis GPS akan melakukan proses akusisi sinyal satelit GPS tunggu sampai sinyal satelit terhubung dengan GPS, jika indikator sinyal satelit sudah muncul dan posisi/koordinat sudah ada berarti GPS sudah siap digunakan. Setelah anda "on"kan akan tampak gambar seperti pada dibawah :



Menentukan Kalibrasi GPS
Sebelum melakukan aktivitas di GPS anda diwajibkan menentukan kalibrasinya terlebih dahulu. Ketika anda berpindah dari satu tempat ke tempat lain yang jaraknya cukup signifikan, lebih dari 160 KM misalnya dari Kalimantan ke Sulawesi atau dari Sulawesi ke Jawa, Ke Papuan bahkan keluar negeri misalnya saat ini anda berada di Sulawesi dan melakukan pengukuran di Timur Leste atau Jerman dan kutub Utara (jauh amat yah)
Untuk menyesuaikan dengan kondisi lokal yang baru kita datangi tentu kita perlu melakukan kalibrasi alat GPS lagi.
Apa yang perlu dari kalibrasi? Pertama adalah kompas GPS yaitu gambaran digital dari GPS kita yang menunjukkan arah Utara, Selatan, Barat, Timur, 360°. Kedua adalah altimeter GPS atau petunjuk ketinggian posisi vertikal dari permukaan laut dimana GPS berada.
Caranya bagaimana? gampang kok tinggal sorong... lol
Pertama adalah melakukan putaran 2 kali secara perlahan-lahan kearah kanan. Dan GPS akan mengkalkulasikan sinyal dari satelit stationer diatas anda, untuk menentukan arah kompas yang benar tentunya.
  1. Setelah menakan tombol lampu "on" kemudian tekan tombol "page" sebanyak 3 kali maka anda akan melihat kompas umumnya dilayar GPS anda
  2. Kemudian Tekan tombol "menu", akan ada beberapa option atau pilihan dalam halaman compas ini, dengan menggunakan mouse seperti dilaptop pilih calibrate compass dan telan "enter"
  3. Anda akan diminta untuk mengikuti petunjuk dilayar GPS dengan memutar 2 kali ke arah kanan secara perlahan-lahan (klo terlalu cepat dilaray pun akan tertulis putaran cepat)
  4. Setelah anda lakukan petunjuk tersebut dengan benar, GPS akan memberikan respon (biasanya bunyi tiitttt....) dan pilih "enter". Jika tidak berhasil maka anda perlu mengulangi putaran ditempat, disatu titik dengan sedikit lebih pelan lagi. 
Setelah itu anda dapat menggunakan GPS sesuai kebutuhan anda, saya akan mencoba membahas satu persatu (kesibukan saya yang padat) tentang kecanggihan GPS Type ini.  Bocoran dikit tentang kecanggihan alat ini dapat mengukur luasan, jarak, poligon peta, bahkan untuk memancing dan berburu dan intensitas matahari lho... canggih nga? hehehehehehe

Bravo Rimbawan Indonesia... Salam Rimba :D

2 komentar:

online casino amex mengatakan...

Bravo, what words..., a brilliant idea

koleksi uang kuno mengatakan...

info yang sangat berharga.

 
Powered by Blogger