12/01/11

"Save Our Sea"

Para ilmuwan memperingatkan bahwa ketinggian permukaan laut akan meningkat setidaknya 4 meter dalam 1000 tahun mendatang. Prediksi ini merupakan skenario terbaik dengan tidak menyertakan penggunaan bahan bakar minyak dan asumsi bahwa tidak ada lagi emisi karbon yang dibuang ke atmosfir.
Faktanya, dampak dari perubahan iklim dapat menjadi jauh lebih buruk. Pemanasan global yang tidak terhentikan dapat mengakibtkan runtuhnya es di Antartika Barat pada tahun 3000.
Belahan Bumi bagian utara bernasib lebih baik dibandingkan bagian selatan dengan pola perubahan iklim yang berkebalikan, seperti di Kanada. Namun, pada saat yang sama, beberapa area di Afrika berubah menjadi padang pasir karena tanah mengering dan lautan yang menghangat setinggi 5 derajat memicu runtuhnya es di Antartika Utara yang luasnya setara padang rumput di Kanada.
Penelitian ini merupakan penelitian pertama dengan prediksi iklim sejauh 1000 tahun ke depan. Para ilmuwan menggunakan simulasi komputer untuk mengeksplorasi skenario tanpa-emisi yang dimulai dari tahun 2010 hingga 2100.
“Simulasi tersebut menunjukkan bahwa pemanasan global akan terus terjadi dan tidak berkurang atau berhenti sepanjang 1000 tahun,” jelas Profesor Shawn Marshall, pemimpin penelitian yang berasal dari University of Calgary di Kanada.

Sumber : Info berita dan gambar 

Tidak ada komentar: